Sejarah singkat sulap

Abrakadabra!!!!

Siapa yang ga kenal dan akrab dengan mantra umum ini? Dimana mana kita sering mendengar mantra ini diucapkan. Di pesta ulang tahun, film kartun, badut0badut, sirkus… Yup! Sebelum Harry Potter lahir pun kita sudah mengenal mantra ini, berikut sedikit ulasan tentang all about magic..😛

Sejarah Sulap, kapan diciptakan??

Dahulu pada jaman batu, menciptakan api dianggap sebagai sulap. Namun sulap yang dimaksud di sini adalah sulap sebagai bentuk seni pertunjukan.

Ada bukti dokumen tertua yang ditulis sekitar tahun 1700 SM pada lembaran papyrus menceritakan suatu pertunjukan sulap ditemukan. Deddy, seorang pesulap Mesir dipanggil untuk menghibur Raja Cheops. Salah satu dari trik yang ditunjukannya adalah memotong kepala seekor hewan dan mengembalikannya dalam keadaan hidup tanpa terluka sama sekali. Oleh sang Raja, Deddy diminta untuk mengulang triknya dengan menggunakan narapidana. Deddy menolaknya dan membuat Raja kecewa, namun ia mengulang kembali trik tersebut dengan menggunakan seekor sapi jantan.

Waktu terus bergulir, tidak banyak catatan sejarah yang membicarakan tentang trik sulap pada jaman dahulu. Namun trik Cups and balls adalah salah satu trik sulap yang tertua. Egyptologis menyatakan bahwa ada catatan lukisan di sebuah dinding kuburan Mesir Tua di Beni Hasan yang berumur antara 2500-2200 tahun sebelum Masehi. Lukisan tersebut menggambarkan dua orang yang sedang bermain dengan empat buah cangkir. Cups and balls merupakan trik yang sangat tua dan masih popular hingga saat ini.

Sejak abad ke-18 sulap menjadi suatu bentuk pertunjukan yang sangat populer. Isaac Fawkes (1675-1731) merupakan seseorang yang mempopulerkan sulap di Inggris. Salah satu dari kehebatannya adalah trik pohon apel yang tumbuh, mekar & menghasilkan buah hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Dia menjadi sangat terkenal dan menjadi kaya raya hingga kematiannya.

Giuseppe Pinetti (1750 -1800), lahir di Itali, merupakan sosok lain yang juga penting dalam sejarah sulap. Begitu tenarnya hingga ia sering diminta tampil untuk keluarga kerajaan. Namun pada tahun 1783, saat ia sedang mengadakan pertunjukan di Paris, Henri Decremps, seorang ahli hukum yang juga seorang pesulap amatir, membongkar metode sulap Pinetti dalam sebuah buku. Ironisnya hal tersebut justru menjadikan Pinetti makin tenar, bahkan lebih tenar dari sebelumnya. Pada tahun 1784, ia mengadakan pertunjukan di Haymarket Theatre, London, suatu event yang sangat penting karena merupakan awal perpindahan dari seni sulap jalanan dan Festival Pekan Raya menjadi pertunjukan teater. Hal tersebut menjadi inspirasi bagi pesulap generasi berikutnya.

John Henry Anderson (1814 -1874) adalah pesulap dari Skotlandia, yang sering disebut sebagai The Wizard of the North. Dia sukses menembus Eropa, Amerika dan Australia. Bahkan lebih dahulu dari Harry Houdini, pesulap yang paling terkenal dalam publikasi. Anderson dikenal dengan alat-alatnya yang sangat besar & terbuat dari perak solid. Dia sempat menjadi kaya, namun akhirnya kehilangan semua kekayaan setelah teater tempat ia melakukan pertunjukan habis terbakar dan menjadikan ia bangkrut.

Sejak saat itu masyarakat mengenal sulap sebagai suatu bentuk seni pertunjukan. Kepopuleran dunia sulap berlanjut hingga ke abad berikutnya. Bahkan banyak bermunculan pesulap-pesulap hebat. Pada masa tersebut belum ada pertunjukan televisi. Sulap merupakan salah satu bentuk pertunjukan live yang sangat populer dan membangkitkan antusias masyarakat dimanapun mereka mengadakan pertunjukan.

Sekolah Sulap di Indonesia, wow!

Walau sulap sudah populer di Indonesia sejak tahun 1950-an, namun tidak ada pesulap Indonesia yang namanya tersohor & menonjol. Kebanyakan dari mereka adalah hanya pesulap untuk acara-acara ulang tahun. Pada saat itu nama Harry Houdini sempat terdengar sampai tanah air. Kemudian pada tahun 1990-an, David Copperfield, pesulap asal Amerika lah yang mendominasi dunia dengan pertunjukan sulap yang spektakuler. Ia juga sempat datang ke Indonesia beberapa kali & mengadakan pertunjukan.

Setelah itulah, banyak bermunculan pesulap-pesulap Indonesia yang mulai terjun secara profesional. Di antaranya adalah: Deddy Corbuzier, Adri Manan, Dwi Montero dst. Kemudian disusul dengan generasi-generasi baru seperti Alford, Oge, dst.

Siapa tertarik?

ini profesi yang langka lhooo.. wkwkwkwkkw

Berikut info sekolah sulap di Jakarta:

· PENTAGRAM. Bintaro Sektor II, Jakarta Selatan. Tel. 73692959

· MAGIC STATION. Cinere Mall Lt.2, Jakarta Selatan.
Tel. 754 8713 & 754 6479

63 Komentar

  1. arif said,

    jadi klo namanya Deddy bisa jadi pesulap hebat ntar aku rubah namaku jadi Deddy ah

  2. akzerikho said,

    ide bagus tuh
    kalo gwe besok insyaallah bisa jadi pesulap ngetop gwe bakal ganti nama gwe menjadi Rikho Aquino

  3. fariezt said,

    romedhal aquino kaleeee.

  4. Ricky said,

    kalo kursus sulap di Bandung tau gak

  5. akzerikho said,

    ya iya

  6. akzerikho said,

    wah sory mas ricky.
    gwe berdomisili solo jadi gwe ga tau,maaf ya

  7. arif said,

    arif corbuzier pantes ga?

  8. akzerikho said,

    pantesan lagi arif rafael
    wkwkwkwkwk ;-D

  9. Bagos darr said,

    Kalo aq kan mang mentalis jd y.. Bandarr

  10. Dyar-darko said,

    Dyar corbuzier aquino rafael coperfield angle…nah,it bru pntez😀

  11. Pasa said,

    hai, lam knal rikho. ajarin ak jdi mentalist donk, , , , , , ,

  12. akzerikho said,

    untuk pasha ungu(eits pasa tok)
    ya ntar ane buat artikel
    “menjadi mentalist”

  13. eries said,

    salam magic!1!

    maz akzerikho setulnya tgl dmn??mo tanya niy,mungkin gak siy kita orang awam yang sama sekali gak berbekal kemampuan magic jadi bisa???maz dari kapan suka magic??

  14. akzerikho said,

    saya tinggal di solo .
    untuk awam biasanya beajar dari sulap angka terus merambah ke metal.
    kalo saya suka magic sejak saya lahir(bakat)

  15. majikan doro juragan raden mas dian bagus syaiful munir said,

    alamat lengkap akzerikho mana?

  16. rizkie said,

    salam magic……

    saya baru belajar2 sulap.y masih pemula si….

    kalau bleh bisa g beritahu beberapa trik2 sulap?

    n klo bleh tau klo mo masuk skolah sulap biasa`y biaya`y berapa?

    terimakasih…..

    sukses buat magic…..

  17. akzerikho said,

    masuk aja di sekolah sulap dedy corbuzier
    langsung pinter

  18. Limbad dibondink said,

    Waa~~
    pintarnya~~

  19. Limbad dibondink said,

    keren~~

  20. akzerikho said,

    oke deh master limbad

  21. alan ganteng said,

    emangnya deddy corbuzier bisa trik sulap kuno kayak gitu

  22. mba ngkok said,

    hayyyyy all…… Mas akzerhiko,aku itu orang biasa (ga ngerti trik magic) jadi aku kan mau belajar tapi nda tau nih alamat sekolah sulap deddy corbuzier and hargana kira kira berapa yah????? Soalnya aku yang paling muda aku baru 1smp tapi takutnya malu paling kecil sendiri udah gitu ga tau apa apa kalo aku dateng ke skul deddy c. Aku ngga punya kemampuan APAPUN TENTANG MAGIC!!!!!

  23. Dion Abaddon said,

    Mas Rikho tau ga trik sulapnya Gaspard yang paling terkenal itu The Phantasmagoria

  24. Dion Abaddon said,

    aq lupa kasi tau

    aq pesulap pemula dari medan lebih suka bermain ilusi
    dan escape

  25. Riyan said,

    Mas tolong bantu aku ap mas punya trik ilusi gini aku kan disuruh olh guru tuk ngisi acra PErpisahan kls3 sma dan aku di suruh bwt sulap ilusi.Klo ada tlng kirim ke email ku ya..Tanks

  26. rikho said,

    waduh mas maaf ane bukan ilusion tapi mentalist
    dalam lubuk hati saya ucapakan maaf ya mas ga bisa bantu

  27. punkisme said,

    dmana alamat skul sulap di bdng

  28. cardsionist said,

    ajajrin dong nerbangin rokok please rikho corbuzier dan my name is chris angel

  29. Aya said,

    bedanya apa illusionist ma mentalist?

  30. akzerikho said,

    kalo ilusi:ngilangin benda sama metamorfosis
    mentalist:berhubungan dengan kekuatan pikiran

  31. yoyok said,

    kang ajarin aku jg dunk jd mantalis,,,,aku kepengen bnget nih,,^^,,,

    emank sih beberapa trik udah bisa tp aku juga kirimin artikelnya ya biar lengkap,,,,

    yoyok_brazox@yahoo.com

    tu email aku kang.sebelumnya matur suwun ya,,,

  32. Jalu gendheng said,

    Mas,aq kerep mbukak’i situs.e iki aq nmbe mdng yn kw wg solo . . .
    .aq wg gading mas,slm kenal

    .trims bwt trik2nya

  33. MASTER OPOSISI said,

    aku wong sukoharjo waduk mulur mudeng pora

  34. jenny 11 said,

    aku udah ngelakuin astral projection. tapi hasilnya bwat apa?
    sebener nya,fungsi sulap itu apa?

  35. teguh said,

    aku pengen kayak mas Deddy.yang bisa super sulap????ajarin aku ya????

    THANKS

  36. mba ngkok said,

    mas rhiko ngomong ngomong ganteng banget deh….😉

  37. Ria anastasia said,

    Mbak ngkok,yg ganteng maksudx syp?? Akzerikho ya?? {wah,rikho km ada penggemar nich. . . Wkwk}
    rikho,blogx slalu d’update ya,,aq buka blogx akhr2 ini ampir tiap hari,kali aja ada artikel ‘menjadi mentalist’ atw ‘cara berkonsentrasi’

    n thx bgt bwt rikho nich,aq dah bs mind reading dan mathemagic.
    Arigatou gosaimasu,rikho nii-chan!!

  38. uli guliva said,

    mw bljr sulap private.. bisa??

  39. rizkie said,

    sya mo tanya alamat barunya deddy .c cos yang di bintaro sektor 2 dah pindah….

  40. alief dendars said,

    mas kalo sulap badan kita terbang tapi bukan astral projection itu gimana buat artikelnya ya
    apa ngga kirim aja ke fb gwe
    alief29@rocketmail.com

  41. rasya said,

    mas saya ingin belajar sulap, tp saya lg nyari sklh sulap…

    bntu sya dong, untk bljr sulap… saya mnta almt lngkap sklh sulap master deddy..? okee…..
    THX bgd..

    tlng BalASAN ya

  42. Andi said,

    Sulap. . ? Aq bs sulap jg. Aq bs merubah orang jd monyet.

  43. jack delab said,

    sumbernya dari tulisan saya nih…

  44. admin said,

    @ Ria anastasia
    maaf bukan nya saya pelit berbagi sulap
    tetapi lama kelamaan saya males ngurus blog
    mending ngrusi magic Shop ama School magic dapet duit dari pada ngeblog dapet duit tapi lama
    ______________________________________________
    @ jack delab
    masa sih

  45. Aulia said,

    Saya adalha magician cilik yg tdk terkenal
    tolong kenalkan saya pada publik terima kasih

  46. martien said,

    pls …
    aq mw mendalami ampe sedalam.dalam’a magic sulap ….

    yg tw sekolah atokhursus sulap di daerah bdg hubungi …
    martien_fensen_tony@yahoo.co.id

    SERIUS !!!

  47. Celli said,

    ehm,maaf,mw nnya.. aku lg blajar sulap nie skrg.. klo misal ga da bakat dr lahir gtu,msh ttep bsa blajar sulap ga?

  48. cucut meong said,

    sulap bisa terbang bebas ada gak,,,,,,,,,,,biar gw gak perlu naik motor .

  49. eminkprikitiew said,

    ahaha LIMBAD DIBONDING

  50. holi said,

    ada gak kelas sulap untuk anak usia 5 th. berani

  51. Harris said,

    halo semua
    saya baru baca nih blog nya,,sulap dari kalian yang pada jago2 ini ada yang bisa nyembuhin teluh gak ? jangan jago komen sama bikin blog aja, yah ?
    TOLONG kalau ada yang bisa nyembuhin teluh,sembuhkan kakak sepupu saya yang saat ini kondisinya sering ada jarum2 kecil keluar dari sela2 kuku kaki dan tangan serta lumpuh bicara dan jalan…
    TERIMAKASIH

    hubungi saya langsung kalau ada yang bisa menolong..
    08562236877
    iman harris purnomo

  52. rozi said,

    guwe poenja sahabat tjang taoe tjaranya mas harris…namanya…
    limbaaaaaddddddd aaaarrrrggghhhh

  53. Agung JUG (The Resspon) said,

    Jika anda baru belajar sulap, maka di The Resspon Learning Centre lah tempatnya. karena banyak trik2 yang mudah untuk di pelajari, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa…

    fb : komunitas magician muda indonesia

  54. Pratama Pratama Edongekngok said,

    payah, smua nya pada so JAGO doang..
    hayoolah, di sini syapa yg merasa paling jago, gua tantang( smua aliran deh,mentalis,ilusionist,fakir )..
    sookkk…!!

  55. hi-tech illusi said,

    Ane_ silahkan tunjukin trick baruny!!! tp kalo ad..

  56. adrian cardician said,

    salam magic.
    kalo pengen blajar sulap scara gratis tinggal kunjungi aja situsnya wikimagic.com
    pasti lagsung bisa beberapa trick

  57. adrian cardician said,

    salam magic….

    aku jga pesulap cilik dari makassar

    massbroo tolong ajarin aku beberapa tricj mentalism dongg

  58. argi said,

    mas akupengen belajar sulap yg ada di sukabumi

  59. argi said,

    salam magic
    ka aku ingin banget jadi pesulap tapi tidak tahu belajarna di mana
    tumahku di sukabumi cipanengah

  60. argi said,

    ka tolong yah ajarin trick sulap kartu kaya rynku viceroy yg ada the master5

  61. argi said,

    besok bales ya ka

  62. argi said,

    kok nggak di bls

  63. armenthdvalent said,

    yang kartu dimakan
    tyus kluarnya kucink?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: